Secara sederhana, tabel memiliki field atau kolom dan record atau baris yang dipakai sebagai tempat untuk menampung data. Database digunakan sebagai tempat menampung satu atau beberapa tabel berikut struktur query-nya. Salah satu RDBMS (Relational Data Base Management System) open source populer yang dipakai untuk mengolah database adalahMySQL Server

Instal RDBMS MySQL Server
Sebelum Anda membuat database, tabel, atau melakukan query menggunakan sintaks SQL(Structure Query Language), maka Anda perlu menginstal software pengolah database atau RDBMS contohnya MySQL Server. Karena MySQL bersifat multiplatform, maka Anda dapat menjalankannya pada sistem operasi LinuxWindows, atau Mac OS

MySQL Server dapat diinstal tersendiri (standalone) atau dalam bentuk paket bersama software lain misalnya PHP dan Apache web server. Contoh software yang berisi kumpulan paket MySQL, PHP, Apache adalah LAMP (Linux)WAMP (Windows), dan MAMP (Mac OS)

MySQL Server juga dapat diinstal softwarenya tersendiri pada distro turunan Debian Linuxseperti CrunchBang Linux atau Ubuntu Linux memakai perintah:

1
sudo apt-get install mysql-server

Jika software MySQL Server telah terinstal, buka terminal kemudian jalankan dengan perintah:

1
sudo /etc/init.d/mysql start

 

Login MySQL Server
Sebelum membuat database, tabel, atau menuliskan perintah SQL lainnya, maka Anda perlu menjalankan programnya secara interaktif melalui terminal dengan login terlebih dahulu. Untuk login ke MySQL Server, Anda dapat menggunakan perintah berikut:

1
mysql -u root -p

Setelah itu Anda akan diminta untuk memasukan password untuk login sebagai user root

Membuat Database MySQL
Sebelum Anda membuat tabel dan melakukan query lainnya, maka Anda harus membuat database dahulu. Database perlu dibuat dahulu meski di dalamnya hanya terdapat satu tabel sederhana. Hal ini karena tabel tidak dapat diolah datanya tanpa diwadahi oleh database. 

Pada contoh di dalam tulisan ini, saya akan membuat sebuah database dengan nama kontakyang berisi sebuah tabel sederhana yakni tabel kartu_nama 

Apabila database yang ingin Anda buat memiliki nama kontak, maka Anda dapat memberikan perintah SQL:

1
CREATE DATABASE kontak;

Perhatikan tanda titik-koma (;) di akhir perintah SQL di atas. Titik-koma digunakan sebagaidelimiter yang menandakan bahwa Anda telah selesai menuliskan perintahnya dan menugaskan MySQL Server untuk memproses perintah SQL tersebut. 

Memilih dan mengaktifkan suatu database
Sebelum membuat tabel atau menjalankan query pada suatu database, maka database tersebut harus dipilih terlebih dahulu. Mengingat dalam sebuah RDBMS bisa saja dan sudah sewajarnya memiliki banyak database, maka RDBMS perlu memilih salah satunya untuk kemudian diolahnya. Oleh karena itu Anda harus memilih satu database yang akan diproses, contohnya database kontak. Anda dapat memilih database kontak menggunakan perintah:

1
USE kontak;

Setelah perintah tersebut dijalankan, Anda dapat melakukan pengolahan data seperti membuat tabel pada database yang Anda pilih tersebut. 

Membuat tabel pada database MySQL
Membuat tabel pada umumnya mudah, namun Anda perlu memperhatikan sintaks dan tipe data yang dipakai oleh field tabel tersebut. 

Contoh tabel yang akan saya buat memiliki nama tabel kartu_nama. Di dalam tabel kartu_namaini terdapat tujuh buah field atau kolom. Tiap field memiliki nama yang unik (tunggal) dan sebuah field akan dijadikan Primary Key. Tiap field dalam tabel tersebut memiliki tipe data

Berikut ini contoh perancangan field dari tabel kartu_nama:

1
2
3
4
5
6
7
id_kartu      ---> memuat nomor id tunggal tiap daftar kontak nama
nama          ---> naama kontak panjang karakter maksimal 40
jenis_kelamin ---> berisi tepat sebuah karakter 'L' atau 'P'
pekerjaan     ---> berisi data profesi maksimal 20 karakter
alamat        ---> alamat kontak berisi maksimal 80 karakter
telp          ---> no telp berisi 20 karakter
tgl_lahir     ---> tanggal lahir berupa data seperti 2010-10-1

Field id_kartu akan dijadikan Primary Key yakni suatu field yang berisi data yang unik tiap barisnya. Karena field id_kartu ini dijadikan kunci pokok dari tabel kartu_nama maka isi field-nya tidak boleh kosong (not null). Untuk memudahkan pemberian isinya yang unik, fieldid_kartu ini akan diberi nilai bilangan bulat (int) yang akan bertambah satu tiap ada data yang masuk secara otomatis (auto increment). 

Sekarang bagaimana perintah SQL-nya? Anda bisa gunakan perintah berikut untuk membuat tabel data seperti perancangan tabel di atas.

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
CREATE TABLE kartu_nama (
  id_kartu INT NOT NULL AUTO_INCREMENT,
  nama VARCHAR (40),
  jenis_kelamin CHAR(1),
  pekerjaan VARCHAR(20),
  alamat VARCHAR (80),
  telp VARCHAR(20),
  tgl_lahir DATE,
  PRIMARY KEY(id_kartu)
);

Pergantian baris, indentasi, dan besar-kecilnya huruf tidaklah penting pada sintaks MySQL. Pergantian baris yakni dengan menekan tombol ENTER sesudah delimiter titik-koma (;) akan dianggap oleh RDBMS MySQL sebagai pemberian instruksi untuk mengolah perintah SQL yang Anda tuliskan. Perhatikan pula tanda koma (,) pada tiap pergantian nama variabel kecuali pada definisi variabel terakhir. 


Perintah SQL membuat database dan tabel melalui MySQL Server



Pada sintaks SQL di atas, id_kartunamajenis_kelamin, dan pekerjaan adalah nama variabel. Pemberian nama variabel tidak boleh mengandung spasi. Usahakan nama variabel pakai huruf kecil semua dan bila ada dua kata atau lebih, pisahkan dengan tandaunderscore (_). Penggunaan besar-kecilnya huruf pada keyword SQL seperti CREATE, DATABASE, TABLE, INT, dan VARCHAR tidak menjadi masalah, namun lebih baik pakai huruf besar semua. 

Jika Anda cermati, dibelakang setiap nama variabel terdapat sebuah tipe data yang berfungsi membuat alokasi ruang memori bagi nilai yang ditampungnya. Tipe data INT merupakan tipe data bilangan bulat. Tipe data VARCHAR(40) merupakan tipe data yang berisi karakter huruf atau angka dengan panjang karakter maksimal 40. Tipe data CHAR(1) merupakan tipe data karakter dengan data masukan tepat satu karakter. Tipe data DATE berisi data tahun-bulan-tanggal. 

Perintah di atas juga bisa ditulis dalam satu baris yang panjang. Namun untuk memudahkan pembacaan sintaks SQL dan agar terkesan lebih rapi, sebaiknya Anda menggunakan pergantian baris dan indentasi. 

Jika ada masalah dalam pembuatan tabel di atas seperti error, maka kemungkinan Anda menuliskan perintah SQL yang tidak tepat. Periksa kembali perintah SQL-nya terutama tanda baca seperti koma, titik-koma, kurung buka-tutup, tipe data, dan nama variabelnya. 

Melihat struktur tabel
Untuk melihat bentuk atau struktur tabel, Anda bisa gunakan perintah:

1
DESC kartu_nama;

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda terutama untuk pemula tentang cara pembuatan tabel dan database MySQL 🙂

Iklan